Rabu, 09 Juni 2010

TIPS MAKAN SEHAT CARA NABI

Tips Makan Sehat Cara Nabi
1.Biasakan mencuci tangan sebelum & sesudah makan
Suatu perbuatan yang telah di contohkan & dianjurkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana sabdanya:

“Barangsiapa menginginkan agar Allah memperbanyak kebaikan rumahnya,maka hendaklah ia selalu berwudhu ketika santapannya datang & diangkat.”
(HR. Ibnu Majah)

“Apabila salah seorang di antara kamu makan,hendaklah ia membaca basmallah. Dan apabila ia lupa membaca basmallah pada awalnya,maka hendaklah ia membaca bismillahi awwalahu wa akhirahu.” (HR.Abu Daud & Tirmidzi)

2.Biasakan berdoa sebelum & sesudah makan maupun minum.
“Sesungguhnya Allah meridhoi seorang hamba yang apabila telah makan suatu makanan,ia memujiNya & apabila minum minuman ia pun memujiNya.” (HR.Muslim)

3.Makanlah sesuai dengan kecukupan gizi
“Makan & minumlah sesuai kebutuhan & janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS.Al A’raaf:31)

“Tidak ada tempat yang lebih jelek dari perut seseorang yang dipenuhi oleh makanan. Cukuplah bagi anak Adam (manusia) beberapa suap makanan untuk menegakkan tulang punggungnya. Dan sekiranya harus demikian,maka sepertiga untuk makanannya,sepertiga untuk minumannya & sepertiga lagi untuk bernapas.” (HR.Ahmad)

“Orang mukmin itu makan di satu usus sedangkan orang kafir makan di tujuh usus.” (HR.Muttafaqun’alaih)

4.Biasakan makan & minum sambil duduk
Dari Anas ra bahwa Rasulullah SAW melarang seseorang minum sambil berdiri.
Qatadah berkata, “Kemudian kami bertanya kepada Anas bagaimana kalau makan.”
Ia menjawab, “bahwa itu lebih buruk.” (HR.Muslim)

5.Jangan makan sambil bersandar.
Rasulullah SAW bersabda, “Aku tidak akan makan sambil bersandar.”
(HR.Bukhori & Muslim)

6.Makan dengan menggunakan tangan kanan
“Wahai anakku,sebutlah nama Allah & makanlah dengan tangan kananmu & makanlah apa yang didepanmu.” (HR.Muttafaqun’alaihi)

7.Biasakan mengonsumsi buah sebelum makan makanan padat
Jika buah dikonsumsi sebelum makan maka seratnya akan mendorong sisa-sisa makanan yang telah masuk lebih dulu lalu akan dikeluarkan lebih dulu juga sehingga tidak terjadi penumpukan sisa makanan yang lama dengan sisa makanan yang baru.
“Jika seseorang berbuka,hendaklah ia berbuka dengan kurma. Sekiranya tidak ada kurma maka hendaklah ia berbuka dengan air. Sesungguhnya air itu bersih lagi suci.”(HR.Abu Daud & At Tirmidzi)


8.Hindari minum sambil bernapas atau meniupnya
“Rasulullah telah melarang bernapas di dalam bejana atau meniup air di dalamnnya.”
(HR.At Tirmidzi)
Mengapa demikian??? Ternyata larangan beliau sangat masuk akal & bisa dibuktikan secara ilmiah. Saat kita menarik napas kita menghirup O2 & saat mengeluarkannya sudah berubah menjadi CO2,jika air (H2O) bereaksi dengan CO2 maka akan berubah menjadi asam cuka (H2C2o3) yang dapat menimbulkan bau tak sedap dalam air tersebut.

9.Hindari minum & makan dlm satu kali tegukan
“Janganlah kalian minum dengan sekali teguk seperti minumnya Unta,tetapi minumlah dua atau tiga kali teguk. Dan bacalah basmallah jika kamu minum serta hamdallah jika kamu selesai minum.” (HR.At Tirmidzi)

10.Jangan pernah mencela atau memaki makanan
“Rasulullah SAW sama sekali tidak pernah mencela makanan. Apabila suka sesuatu ia makan & jika tidak suka maka ia tinggalkan.” (HR. Muttafaqun’alaihi).

11.Biasakan menutup tempat makanan & minuman
“Tutuplah bejana & tutuplah tempat minum karena dalam satu tahun itu ada satu malam dimana wabah penyakit turun. Setiap kali wabah itu melewati bejana tidak ditutup atau tempat minum yang tidak ditutup pasti akan menaruhkan bibit penyakitnya ditempat tersebut.” (HR.Muslim)


12.Biasakan selalu menjaga kebersihan gigi
“Bersiwaklah (menggosok gigi) kamu sekalian sebab bersiwak itu adalah membersihkan mulut & membuat Allah menjadi senang. Setiap malaikat Jibril datang kepadaku selalu berpesan untuk bersiwak (menggosok gigi).” (HR.Ibnu Majah)
Didalam mulut kita banyak sekali bakteri streptococcus mutans,dari setiap makanan yang menempel disela-sela gigi terutama makanan yang mengandung gula & makanan sumber karbohidrat seperti nasi,setiap 20 menit akan difermentasi oleh bakteri streptococcus mutans. Hasil fermentasi tersebut akan menghasilkan asam yang dapat menimbulkan bau mulut tak sedap & menimbulkan karies gigi.
(Sumber:The Miracle,Mengungkap Rahasia Makanan & Minuman Berkhasiat dalam Al Qur’an).
WALLAHU’ALAM BISSHOWAB….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar